Resep Kue Lumpang Lumer Lezat Banget

Berbicara tentang camilan tradisional Indonesia, anda bakal mendapatkan banyak sekali jenis camilan dengan nama-nama yang istimewa. terdapat yang mengambil julukan dari bahannya, dari bentuknya, sampai dari orang yang membuatnya pertama kali. Salah satu kuue dengan julukan istimewa itu ialah kue lumpang. Pengumpulan julukan “lumpang” berdasarkan penduduk Palembang didasarkan pada rupa kue itu. betul, rupa kue berair ini mendekati dengan lumpang ataupun lumpang, ialah satu buah bajan yang lazim dipakai orang zaman dulu buat menumbuk antah, kopi, serta bahan lainnya.


Sejenak bentuk kue satu ini kurang menarik, ialah berupa bundar dengan cekungan di tengahnya serta kelihatan mengkilap. akan tetapi janganlah salah hal rasa yang disodorkan, dipastikan kamu bakal senantiasa ketagihan cuma dalam gigitan pertama aja. Kue lumpang biasanya terbuat dengan 3 jenis corak yang berlainan, ialah putih, coklat, serta pula hijau. Kue lumpang putih bisanya cuma memakai gula pasir, kue lumpang coklat memakai gula merah ataupun gula jawa, sebaliknya kue lumpang hijau memakai patera pandan.

Dahulu kedatangan kue lumpang seorang diri berdasarkan memo asal usul telah dari tahun 80an dahulu. Pertama kalinua kue satu ini dijual oleh penjual dengan cara kisaran komplek, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman kue itu tergeser oleh kehadiran camilan eksklusif luar negeri.  Serupa serupa makanan-makanan tradisional lainnya, buat mendapatkan kue lumpang kini ini kira-kira sedikit susah, terpenting bila anda enggak terletak di area Palembang serta sekelilingnya. walaupun begitu, kamu enggak mesti cemas karna pada kans kali ini bacaterus. com bakal memberi informasi sekeliling keterangan kue lumpang eksklusif Palembang yang nikmat itu.

Bahan-bahan Kue Lumpang Pandan :
  • Garam lembut sekeliling 1 atau 2 sendok teh 
  • Santan lekat sekeliling 200 ml, seleksi kualitas terbaik 
  • Pasta pandan andaikan 1 atau 2 sendok teh 
  • Gula pasir sebanyak 100 g, haluskan 
  • Tepung bubur sagu cukup dengan 1 sendok makan 
  • Minyak buat mengoles edisi secukupnya aja 
  • Tepung beras sebanyak 120 g 
Bahan taburan (seperti selera) : 
  • Kelapa kukur yang enggak amat berumur 
  • Garam secukupnya aja. 
Cara membuat Kue Lumpang Hijau :
  1. Pertama kalinya sediakan lebih-lebih dulu satu buah media buat mencampurkan adonan, setelah itu campurkan antara tepung beras, tepung bubur sagu, gula pasir, serta garam lembut dalam media itu. biar teraduk menjalar, aduk-aduk bahan itu. 

  2. Berikutnya masukan santan kelapa sedikit untuk sedikit. dengan memasukan santan kelapa itu uleni adonan mulanya hingga buram. kamu dapat memakai tangan atau bantuan mixer biar lebih efisien. yakinkan santan telah teraduk menjalar bersama-sama dengan adonan tepung. 

  3. Tambahkan pasta pandan ke dalam adonan itu, aduk-aduk lagi hingga teraduk dengan cara menjalar. setelah itu diamkan adonan sesaat andaikan 10 menit biar semua bahan bisa berpadu dengan cara sempurna. 

  4. Dengan memantapkan adonan itu, sediakan edisi kue lumpang serta olesi dengan memakai minyak secukupnya aja biar adonan enggak lekap esoknya. Masukan adonan yang sudah didiamkan mulanya dengan cara menjalar pada edisi sampai habis. 

  5. Berikutnya sediakan kukusan kemudian setum adonan yang sudah terdapat dalam edisi kue lumpang mulanya selagi kurang lebih 25 – 30 menitan. bila telah sebelah matang, taburkan parutan kelapa belia di dengannya dengan cara menjalar. menunggu hingga matang serta suguhkan. 

  6. Kue lumpang ini bisa dihidangkan serta dikonsumsi dengan cara langsung sebagai camilan. akan tetapi biar rasanya lebih enak lagi, kamu bisa menambahkan parutan kelapa yang telah dicampur garam ke atsnya, mendekati serupa kue putu cantik.